Sejarah
Komputer
Komputer adalah alat yang
dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur
yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif
berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti
slide rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik
yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang mengolah informasi"
atau "sistem
pengolah informasi."
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah
dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of
Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646
sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897
juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II
kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika
Serikat dan Inggris
yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles
Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin
analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule
juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Bagian-bagian
Komputer Personal.
1: Monitor
2: Papan induk
3: Pemroses
4: Slot ATA
5: Memori Akses Acak (MAA)
6: Slot PCI
7: Catu Daya
8: Tempat cakram optik
9: Cakram keras
10: Papan Tombol
11: Tetikus
1: Monitor
2: Papan induk
3: Pemroses
4: Slot ATA
5: Memori Akses Acak (MAA)
6: Slot PCI
7: Catu Daya
8: Tempat cakram optik
9: Cakram keras
10: Papan Tombol
11: Tetikus
Memori
modul
memori RAM
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori
(seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing
berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk
mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan
komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu,
dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner.
Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah
instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka.
Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner)
menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa
digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi.
Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori
dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus
kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari
komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara
hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan
kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet
permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor
di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan
menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti
pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan
bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA)
ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli,
ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol.
Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit
terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central
Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic
Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti
pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan
logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan
(misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit
inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit
kontrol
menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU
untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan
untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori
yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya
(biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah
perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya
ditempatkan di lokasi lain).
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer
mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana,
dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam
alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang
lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan
biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari
suatu macam ke dalam data
yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke
dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian
ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan
perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana
dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami
kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel
456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel
013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel
345".
Instruksi diwakili dalam komputer
sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya.
Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui
sebagai bahasa
mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah
untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi"
yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program
komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman
berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler
(bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan
pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin
(bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit
kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral
atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit
terpadu yang kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam
komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik)
atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar
berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa UPS
dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa
komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran
ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah
menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip
sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya.
Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur
ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program
komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer,
barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan
perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer
pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah
dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat
kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan
perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrogram. "Programmer
Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya,
menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada
programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan
beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda.
Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah
beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya.
Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice).
Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan
dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah
rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem
operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi
Sistem
operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika
semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program
komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram akhirnya menmindahkannya ke dalam
sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang
mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang
mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain,
seperti kode (penggerak) yang membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk
suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang
terhubung.
Penggunaan komputer
Komputer digital pertama, memiliki
ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada
masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal
AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan
(artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja
dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai
Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan
bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia,
mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu
proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain
itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang
pertama, Colossus, dibuat selama Perang
Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu
akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan
perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan
tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan
memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di
berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan
harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil.
Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer
kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka
utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi
diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor
di 1970-an, menjadi
mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas,
termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan
dan lain berulang matematika dengan lembatang
sebar, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization
sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya
dengan mengatur memrogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain
seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri.
Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih
mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian,
perkembangan anti-kunci rem di mobil).
Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk
angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping
komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian
komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar
yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
Perangkat lunak
- Sistem
operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. - Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Jenis komputer
- Komputer analog
- Komputer pulsa
- Mikrokomputer
- Komputer rumah (home computer)
- Komputer pribadi (PC)
- Server
- Minikomputer
- Mainframe computer
- Superkomputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar